Selasa, 04 Desember 2012

Rpp Matematika kelas 1 semester 1


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah        :  SD N 04 Jalor
Mata Pelajaran      :  Matematika
Kelas/Semester      :  I / 1
Pertemuan               : 2
Alokasi Waktu        : 10 Menit

A. Standar Kompetensi
2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
B. Kompetensi Dasar 
            2.2 Menentukan lama suatu  kejadian berlangsung.
C. Indikator
·        Membandingkan waktu yang lama dan sebentar.
D. Tujuan Pembelajaran
·    Melalui penjelasan guru tentang lama kegiatan, siswa dapat membandingkan kegiatan waktu yang lama dan sebentar dengan tepat.
v  Karakter siswa yang diharapkan : Religius, Disiplin, Tekun, Tanggung jawab, Ketelitian, Kerja sama, Toleransi, Percaya diri, Keberanian.
E. Materi Ajar  ( Materi Pokok )
      Kegiatan Sehari-hari
F. Metoda Pembelajaran
      Model pembelajaran : Talking stick
      Metode : ceramah, permainan, tugas individu
G. Langkah-langkah pembelajaran
      Kegiatan awal ( ± 1 Menit )
  • Guru mengawali pembelajaran dengan memberi salam, berdoa dan mengecek kesiapan peserta didik mengikuti pembelajaran. (Religius)
  •  Melakukan absensi kehadiran siswa (Disiplin)
  • Guru melakukan apersepsi melalui kegiatan tanya jawab tentang aktivitas sehari-hari. ( Rasa ingin tahu)
  • Guru menunjukkan gambar kepada siswa dan mengajak siswa bersama-sama menyanyikan lagu “ bangun tidur “.( rasa ingin tahu dan keberanian)

      Kegiatan inti ( ± 8 Menit ) 
a.      Eksplorasi
  Guru melakukan tanya jawab kepada siswa berkaitan dengan lagu “bangun tidur”. ( Tanggung jawab )
        Siswa penjelasan guru mengenai kegiatan sehari-hari. ( Tekun )
b.     Elaborasi
        Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada peserta didik. (Tanggung Jawab)
        Setiap peserta didik bergiliran memegang tongkat secara bergilir sambil menyanyikan  lagu “ bangun tidur “.(keberanian)
        Peserta didik yang terakhir memegang tongkat maju kedepan kelas.( keberanian).
c.      Konfirmasi
        Siswa menulis jawaban pada gambar yang dipilih. ( keberanian dan tanggung jawab)
        Guru meluruskan pemahaman yang salah .(disiplin)
        Guru memberikan reward kepada peserta didik. ( menghargai prestasi).
C.  Kegiatan akhir ( ± 1 Menit )
        Siswa  mengerjakan soal evaluasi. (disiplin)
   Guru menutup pelajaran dengan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, berdoa dan mengucapkan salam. (religius)
H. Alat / Bahan / Sumber Belajar
  • Buku Sumber :
            Sulardi, Pandai Berhitung Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 1, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2007.
·         Alat Peraga:
Gambar kegiatan sehari-hari

I.     Penilaian
Prosedur penilaian : Penilaian proses dan akhir
1.   Penilaian proses :
Melalui penilaian aktivitas siswa saat melakukan kegiatan aktif dalam pembelajaran.
2.   Penilaian akhir :
Melalui penilaian tertulis bentuk isian  

                                                                      Semarang, 2 Desember 2012
Mengetahui
Dosen Pengampu                                                  Praktikan  


Joko Sulianto,S.pd.,M.pd                                  Atika Nurjanah
                                                                            NPM.10120278


Tidak ada komentar:

Posting Komentar