Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SD N 04 Jalor
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I / 1
Pertemuan :
2
Alokasi Waktu :
10 Menit
A. Standar Kompetensi
2. Menggunakan pengukuran
waktu dan panjang
B. Kompetensi Dasar
2.2 Menentukan lama
suatu kejadian berlangsung.
C. Indikator
· Membandingkan waktu yang lama dan sebentar.
D. Tujuan Pembelajaran
· Melalui penjelasan guru tentang lama kegiatan, siswa dapat
membandingkan kegiatan waktu yang lama dan sebentar dengan tepat.
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius, Disiplin, Tekun, Tanggung jawab, Ketelitian, Kerja sama, Toleransi, Percaya diri, Keberanian.
E. Materi Ajar ( Materi Pokok )
Kegiatan Sehari-hari
F. Metoda Pembelajaran
Model pembelajaran : Talking stick
Metode
: ceramah, permainan, tugas individu
G. Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan awal ( ± 1
Menit )
- Guru mengawali pembelajaran dengan memberi salam, berdoa dan mengecek kesiapan peserta didik mengikuti pembelajaran. (Religius)
- Melakukan absensi kehadiran siswa (Disiplin)
- Guru melakukan apersepsi melalui kegiatan tanya jawab tentang aktivitas sehari-hari. ( Rasa ingin tahu)
- Guru menunjukkan gambar kepada siswa dan mengajak siswa bersama-sama menyanyikan lagu “ bangun tidur “.( rasa ingin tahu dan keberanian)
Kegiatan inti ( ± 8 Menit )
a.
Eksplorasi
− Guru
melakukan tanya jawab kepada siswa berkaitan dengan lagu “bangun tidur”. ( Tanggung jawab )
−
Siswa penjelasan
guru mengenai kegiatan sehari-hari. ( Tekun
)
b.
Elaborasi
−
Guru mengambil tongkat dan memberikan
kepada peserta didik. (Tanggung Jawab)
−
Setiap
peserta didik bergiliran memegang tongkat secara bergilir sambil
menyanyikan lagu “ bangun tidur “.(keberanian)
−
Peserta didik
yang terakhir memegang tongkat maju kedepan kelas.( keberanian).
c.
Konfirmasi
−
Siswa menulis
jawaban pada gambar yang dipilih. (
keberanian dan tanggung jawab)
−
Guru
meluruskan pemahaman yang salah .(disiplin)
−
Guru
memberikan reward kepada peserta didik. (
menghargai prestasi).
C. Kegiatan akhir ( ± 1 Menit )
−
Siswa mengerjakan soal evaluasi. (disiplin)
− Guru menutup
pelajaran dengan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya,
berdoa dan mengucapkan salam. (religius)
H. Alat /
Bahan / Sumber Belajar
- Buku Sumber :
Sulardi, Pandai
Berhitung Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 1, Penerbit Erlangga, Jakarta,
2007.
·
Alat Peraga:
Gambar kegiatan sehari-hari
I.
Penilaian
Prosedur
penilaian : Penilaian proses dan akhir
1. Penilaian proses :
Melalui
penilaian aktivitas siswa saat melakukan kegiatan aktif dalam pembelajaran.
2. Penilaian akhir :
Melalui
penilaian tertulis bentuk isian
Semarang, 2 Desember 2012
Mengetahui
Dosen
Pengampu Praktikan
Joko
Sulianto,S.pd.,M.pd Atika
Nurjanah
NPM.10120278
Tidak ada komentar:
Posting Komentar