Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : SD N 04 Jalor
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I / I
Alokasi Waktu : 2 × 35 Menit ( 1 × Pertemuan )
A. Standar Kompetensi
2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
B. Kompetensi Dasar
2.2 Menentukan lama suatu kejadian berlangsung.
C. Indikator
• Membandingkan waktu yang lama dan sebentar.
D. Tujuan Pembelajaran
• Melalui penjelasan guru tentang lama kegiatan, siswa dapat membandingkan kegiatan waktu yang lama dan sebentar dengan tepat.
Karakter siswa yang diharapkan : Religius, Disiplin, Tekun, Tanggung jawab, Ketelitian, Kerja sama, Toleransi, Percaya diri, Keberanian.
E. Materi Pembelajaran
• Kegiatan Sehari-hari
F. Alokasi Waktu
2 × 35 Menit ( 1 × Pertemuan )
G. Model dan Metode
Model Pembelajaran : Talking stick
Metode : Tanya jawab, Ceramah, Permainan, Tugas Individu
H. Langkah-langkah pembelajaran
1. Pendahuluan ( ± 10 Menit )
Apersepsi
− Guru mengawali pembelajaran dengan memberi salam dan berdoa (Religius)
− Guru mengecek kesiapan peserta didik mengikuti pembelajaran.(Disiplin)
− Guru Melakukan absensi kehadiran siswa (Disiplin)
− Guru melakukan apersepsi melalui kegiatan tanya jawab tentang aktivitas sehari-hari. ( Rasa ingin tahu )
− Guru menunjukkan gambar kepada siswa dan mengajak siswa bersama-sama menyanyikan lagu “ bangun tidur “.( rasa ingin tahu dan keberanian)
2. Kegiatan Inti ( ± 40 Menit )
Eksplorasi
− Guru melakukan tanya jawab kepada siswa berkaitan dengan lagu “bangun tidur”. ( Tanggung jawab )
− Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai kegiatan sehari-hari. ( Tekun )
Elaborasi
− Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada peserta didik. (Tanggung Jawab)
− Setiap peserta didik bergiliran memegang tongkat secara bergilir sambil menyanyikan lagu “ bangun tidur “.(keberanian)
− Peserta didik yang terakhir memegang tongkat maju kedepan kelas.( keberanian).
Konfirmasi
− Siswa menulis jawaban pada gambar yang dipilih. ( keberanian dan tanggung jawab)
− Guru meluruskan pemahaman yang salah .(disiplin)
− Guru memberikan reward kepada peserta didik. ( menghargai prestasi).
3. Kegiatan akhir ( ± 20 Menit )
− Siswa mengerjakan soal evaluasi. (disiplin)
− Guru menutup pelajaran dengan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, berdoa dan mengucapkan salam. (religius)
I. Alat dan Sumber Bahan
• Alat
Gambar kegiatan sehari-hari
• Sumber Belajar :
Sulardi, Pandai Berhitung Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 1, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2007.
J. Penilaian
Prosedur : Post tes
Jenis Test : Tertulis
Bentuk Tes : Formatif dan Unjuk Kerja
Semarang, 2 Desember 2012
Mengetahui
Dosen Pengampu Praktikan
Joko Sulianto,S.Pd.,M.pd Atika Nurjanah
NPP 0616128202 NPM.10120278
Tidak ada komentar:
Posting Komentar